Friday, November 7, 2008

Proses Integrated Marketing Communications Sebagai Pendekatan Efektif dan Komprehensif

Bagian paling kritis dari pemasaran adalah komunikasi. Dan usaha paling efektif dan produktif dalam komunikasi pemasaran ini adalah sebuah konsep yang sudah kita kenal dengan sebutan Integrated Marketing Communications (Komunikasi Pemasaran Terpadu )

Promosi merupakan salah satu hal penting dalam proses IMC. Ada banyak cara untuk mempromosikan produk/jasa perusahaan/organisasi, melalui berbagai kegiatan Promotion Mix yang sudah sering dibahas sebelumnya ( Lihat bahasan Lima Alat Promosi/Bauran Promosi/Promotion Mix ). Tapi apapun bentuk promosinya, ada yang perlu diingat, bahwa usaha-usaha promosi yang yang dilakukan harus bisa melalui tahapan konsep AIDDA:

· Menarik perhatian audience/calon konsumen ( Attention )

· Menciptakan ketertarikan pada diri audience/calon konsumen ( Interest )

· Membangkitkan hasrat audience/calon konsumen ( Desire )

· Mendorong pembuatan keputusan ( Decission )

· Menetapkan dan memutuskan tindakan untuk memuaskan hasrat dan merealisasikan keputusan yang sudah dibuat ( Action )

Perlu diingat pula, Integrated Marketing Communications merupakan cara memandang keseluruhan proses marketing dari sudut pandang Customer ( pelanggan ). Dan sebuah proses IMC yang efektif melalui tahap-tahap sebagai berikut :

· Identify the target audience, mengidentifikasi target audience, dengan mengacu kepada hasil market research dan data sekunder lainnya.

· Determine the communications objectives, menetapkan tujuan dan sasaran komunikasi.

· Designs the messaging content, merancang isi pesan yang paling tepat bagi target audience dan sasaran/tujuan yang ditetapkan. Efektivitas peyampaian pesan, menentukan sukses tidaknya IMC.

· Select the means for communications, memilih cara komunikasi ( termasuk pemilihan media komunikasi )

· Define the mix of media, budget and priorities, menetapkan media-media yang akan digunakan, anggaran prioritas.

· Measure the effectiveness of the efforts, mengukur efektivitas usaha yang dilakukan.

1 comment:

Neng Bizk said...

Weu thanks a lot ni infonya bu. At least, saya dpt mengerti lah, apa itu IMC. Baru saja td siang hbs class pengantar pengiklanan, kebetulan belum ada buku yg hrs saya pegang, tp sy dpt menemukan blog ibu yg menyangkut basic periklanan

keren!

Design by Amanda @ Blogger Buster