Dalam penerapan pemasaran massal (massal marketing), pemasar menggunakan strategi pemasangan iklan untuk menarik perhatian para konsumen/calon pembeli. Para pemasar menginvestasikan banyak anggaran mereka untuk sebuah iklan tunggal mereka.
Namun dalam prakteknya, pemasar menemukan sejumlah relaitas baru di bidang pemasaran yang memaksa mereka untuk tidak hanya menempuh jalur pemasangan iklan. Dan semua ini terjadi kerena adanya dinamika dalam lingkungan komunikasi.
Lingkungan Komunikasi Selalu Berubah
Perubahan dunia komunikasi pemasaran saat ini, diwarnai oleh dua factor ;
1. Mulai bergesernya strategi pemasaran yang diterapkan. Dari mass marketing ke Segmented marketing. Dan ini disebabkan oleh kian terfragmentasinya pasar-pasar masal (mass market)
2. Kemajuan-kemajuan luas dalam teknologi informasi mempercepat pergerakan pemasaran menuju pemasaran tersegmentasi.
Penerapan segmented marketing secara langsung merubah strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan. Dari yang tadinya hanya mengandalkan komunikasi massal, menjadi komunikasi yang lebih terspesialisasi/tersegmentasi.
Teknologi komunikasi baru menjadi jalur komunikais baru untuk menjangkau segmen-segmen pelanggan dengan menggunakan pesan-pesan yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan segmen-segmen tersebut.
No comments:
Post a Comment