Sunday, January 6, 2008

Munculnya Integrated Marketing Communications

Integrated marketing communication can be defined as a holistic approach to promote buying and selling in the digital economy. This concept includes many online and offline marketing channels

Dalam penerapan pemasaran massal (massal marketing), pemasar menggunakan strategi pemasangan iklan untuk menarik perhatian para konsumen/calon pembeli. Para pemasar menginvestasikan banyak anggaran mereka untuk sebuah iklan tunggal mereka.

Namun dalam prakteknya, pemasar menemukan sejumlah relaitas baru di bidang pemasaran yang memaksa mereka untuk tidak hanya menempuh jalur pemasangan iklan. Dan semua ini terjadi kerena adanya dinamika dalam lingkungan komunikasi.

Lingkungan Komunikasi Selalu Berubah

Perubahan dunia komunikasi pemasaran saat ini, diwarnai oleh dua factor ;

1. Mulai bergesernya strategi pemasaran yang diterapkan. Dari mass marketing ke Segmented marketing. Dan ini disebabkan oleh kian terfragmentasinya pasar-pasar masal (mass market)

2. Kemajuan-kemajuan luas dalam teknologi informasi mempercepat pergerakan pemasaran menuju pemasaran tersegmentasi.

Penerapan segmented marketing secara langsung merubah strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan. Dari yang tadinya hanya mengandalkan komunikasi massal, menjadi komunikasi yang lebih terspesialisasi/tersegmentasi.

Teknologi komunikasi baru menjadi jalur komunikais baru untuk menjangkau segmen-segmen pelanggan dengan menggunakan pesan-pesan yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan segmen-segmen tersebut.

Pemasangan iklan sudah lama dijadikan cara favorit menarik perhatian konsumen, Tetapi komunikais baru merubah trend ini. Walau masih dianggap penting, tapi dominasi penggunaan media massa sebagai alat utama promosi, cenderung menurun. Dan mulai lahir dan diterapkan alternative promosi lainnya, yang oleh banyak pemasara akhirnya dibaurkan/di mix dengan alat promosi melalui media. Bauran Komunikasi Pemasaran/ Communication Marketing Mix/ Promotion Mix inilah yang menjadi dasar strategi Integrated Marketing Communication

No comments:

Design by Amanda @ Blogger Buster