Sunday, January 6, 2008

Pengertian dan Manfaat Integrated Marketing Communication

In practice, the goal of IMC is to create and sustain a single look or message in all elements of a marketing campaign. A successful integrated marketing communication plan will customize what is needed for the client based on time, budget and resources to reach target or goals

Komunikasi Pemasaran Terpadu ( Integrated Marketing Communication/ IMC ), merupakan upaya perusahaan memadukan dan mengkoordinasikan semua saluran komunikasi untuk menyampaikan pesannya secara jelas, konsisten dan berpengaruh kuat tentang organisasi dan produk-produknya.

Dari definisi umum tersebut, kira bisa lihat sejumlah manfaat IMC bagi organisasi/perusahaan, di antaranya

· Membentuk identitas merk yang kuat di pasar dengan mengikat bersama dan memperkuat semua citra dan pesan komunikais perusaahn.

· Mengkoordinasikan semua pesan, positioning dan citra, serta identitas perusahaan melalui semua bantuk komunikasi pemasaran.

· Adanya hubungan yang lebih erat antara perusahaan (mellaui produk/jasanya) dengan para konsumennya.

Dan dalam prakteknya, ada yang harus diperhatikan oleh para pelaku IMC

· Solusi IMC menuntut untuk memahami pentingnya semua titik-titik kontak di mana pelanggan mungkin mendadak menjumpai perusahaan tertentu, produk dan merknya.

· IMC harus bisa menghasilkan konsistensi komunikasi yang lebih baik dan dampak penjualan yang lebih besar.

· IMC menempatkan tanggung jawab di tangan seseorang untuk menyatukan citra perusahaan, akrena citra perusahaan itu dibentuk oleh ribuan aktivitas perusahaan.

· IMC menjadi langkah awal bagi komunikasi pemasaran total yang bertujuan menunjukkan cara perusahaan dan produk-produknya membantu para pelanggan memecahkan masalah-masalah mereka.

1 comment:

EPC said...

thanks atas infonya

Design by Amanda @ Blogger Buster