Komunikasi Pemasaran Terpadu ( Integrated Marketing Communication/ IMC ), merupakan upaya perusahaan memadukan dan mengkoordinasikan semua saluran komunikasi untuk menyampaikan pesannya secara jelas, konsisten dan berpengaruh kuat tentang organisasi dan produk-produknya.
Dari definisi umum tersebut, kira bisa lihat sejumlah manfaat IMC bagi organisasi/perusahaan, di antaranya
· Membentuk identitas merk yang kuat di pasar dengan mengikat bersama dan memperkuat semua citra dan pesan komunikais perusaahn.
· Mengkoordinasikan semua pesan, positioning dan citra, serta identitas perusahaan melalui semua bantuk komunikasi pemasaran.
· Adanya hubungan yang lebih erat antara perusahaan (mellaui produk/jasanya) dengan para konsumennya.
Dan dalam prakteknya, ada yang harus diperhatikan oleh para pelaku IMC
· Solusi IMC menuntut untuk memahami pentingnya semua titik-titik kontak di mana pelanggan mungkin mendadak menjumpai perusahaan tertentu, produk dan merknya.
· IMC harus bisa menghasilkan konsistensi komunikasi yang lebih baik dan dampak penjualan yang lebih besar.
· IMC menempatkan tanggung jawab di tangan seseorang untuk menyatukan citra perusahaan, akrena citra perusahaan itu dibentuk oleh ribuan aktivitas perusahaan.
· IMC menjadi langkah awal bagi komunikasi pemasaran total yang bertujuan menunjukkan cara perusahaan dan produk-produknya membantu para pelanggan memecahkan masalah-masalah mereka.
1 comment:
thanks atas infonya
Post a Comment