Sunday, January 6, 2008

PROLOG

Marketing is a societal process that is needed to discern consumers' wants; focusing on a product/service to those wants, and to mold the consumers toward the products/services.


Secara umum, pemasaran adalah berbagai kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan arus berbagai barang, jasa, dan gagasan dari produsen ke konsumen untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Dalam praktek dan perkembangannya, pemasaran terbagi ke dalam berbagai macam, di antaranya :

· Pemasaran global ( global marketing), pemasaran dengan strategi sama ( termasuk promosi) di seluruh dunia.

· Pemasaran langsung ( direct marketing ), teknik pemasaran yang ditujukan untuk mendapatkan reaksi langsung dari konsumen.

· Pemasaran masal ( mass marketing ), menerapkan teknik marketing yang sama kepada semua konsumen

· Pemasaran mikro ( micromarketing ), strategi pemasaran yang sangat didasarkan kepada daerah yang mempergunakan periklanan dan kampanye promosi yang khususnya disesuaikan

· Pemasaran tersegmentasi ( segmented marketing) pemasaran yang ditujukan kepada segmen tertentu.

Secara umum, komunikasi adalah proses penyampaian lambing-lambang berarti dari komunikator kepada komunikan. Dan dalam konteks pemasaran, komunikasi merupakan kegiatan mengelola hubungan pelanggan dari waktu ke waktu, mulai dari tahap pra penjualan, penjualan, konsumsi dan pasca konsumsi.

Dalam beberapa decade terakhir, pemasaran masal yang difavoritkan banyak pemasar, mulai banyak ditinggal. Trend nya bergeser dari pemasaran masal ke pemasaran yang lebih spesifiks atau pemasaran tersegmentasi. Dan ini jelas berimbas pula pada bentuk dan strategi komunikasi yang dilakukan. Ketika yang diterapkan pemasaran masal, komunikasi yang diterapkan murni komunikasi media massa. Tetapi saat ini, komunikasi yang diterapkan adalah komunikasi yang lebih tersegmentasi, terspesialisasi dan terbidikan secara akurat.

No comments:

Design by Amanda @ Blogger Buster