Sunday, February 10, 2008

Memadukan Bauran Promosi

A business' total marketing communications programme is called the "promotional mix" and consists of a blend of advertising, personal selling, sales promotion and public relations tools. In this revision note, we describe the four key elements of the promotional mix in more detail.


Setelah menetapkan anggaran promosi dan bauran promosi, perusahaan harus mampu mengambil langkah-langkah melihat bahwa semua bauran promosi sudah terintegrasi secara mulus. Untuk ini, perusahaan harus memperhatikan hal-hal berikut :

1. Analisis tren-internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menjalankan bisnis.

Carilah bidang-bidang tempat komunikasi dapat memberikan bantuan sebesar-besarnya. Tentukan kekuatan dan kelemahan masing-masing fungsi komunikasi. Kembangkan kombinasi taktik promosi berdasarkan pada berbegai kekuatan dan kelemahan tersebut.

2. Audit kantong-kantong untuk belanja komunikasi di seluruh organisasi

Buatlah rincian anggaran dan tugas-tugas komunikasi kemduian konsolidasikan semuanya ke dalam proses penganggaran tunggal.

3. Identifikasi semua titik kontak bagi perusahaan dan merk-merknya.

Yakinkanlah bahwa semua komunikasi di tiap-tiap titik konisten dengan strategi komunikasi anda secara keseluruhan dan bahwa upaya-upaya komunikasi terjadi kapan, di mana dan bagaimana para pelanggan mengingkan upaya komunikais tersebut.

4. Bekerjasamalah dalam perencanaan komunikasi

Libatkan semua fungsi komunikasi dalam perencanaan bersama. Masukkan para pelanggan , pemasok, stakeholder yang lain di setiap tahap perencanaan komunikasi

5. Ciptakan tema, nada dan cirri yang cocok di seluruh media komunikasi.

Yakinkan bahwa masing-masing unsure menyampaikan pesan utama yang unik dan nilai jual anda.

6. Ciptakan ukuran-ukuran kinerja yang digunakan bersama oleh semua unsure komunikasi.

Kembangkan system-sistem untuk mengevaluasi dampak gabungan dan semua aktivitas komunikasi

No comments:

Design by Amanda @ Blogger Buster